Kamis, 27 Januari 2011

diamound/berlian


berlian merupakan batu mulia yang terbuat dari senyawa carbon dimana dalamprosesnya memakan waktu yang sangat lama bahkan mencapai 3-5 abad. sehingga batu mulia itu termasuk kedalam barang yang di lux kan oleh setiap yang mengetahuinya.

berlian/diamound dalam kekerasannya mempunyai kekerasan yang sempurna yaitu 10 mol dimana kekerasan tersebut dapat memecahkan kaca dengan cara digoreskan. banyak ynag bertanya apakah berlian dapat mengalahkan besi sekalipun atau baja. jawabnnya adalah ya . tapi bagaimana cara membuktikannnya.
untuk cara pembuaktiannya adalah dengan cara di goreskan berkali kali dan bukan diadu dengan cara digetokkan atau di pukul itu bukan cara pengujian yang sederhana.

jika kita menelusurisecara lebih mendalam dan sederhana berlian atau diamound mempunyai nilai yang baik tergantung dari 4 c yaitu:
1. carats
2. claity
3. colour
4. cutting

adapunketerangannya seperti berikut:

carats: adalah besar kecilnya berlian yang dihitung dengan cara ditimbang atau di lub, dimana semakin besar berlian maka akan semakin mahal harganya. berlian terkecil adalah 0,005 carat dimana berlian itu dapat disebu dengan berat setengah mata.

clarity: adalah kejernihan , dimanasemkin berlian itu jernih tanpa ada cacat atu goresan hitau maupun putih maka semakin mahal harga berlian atau diamound nya, dimana kejernihan itu ditunnjukan dengan kode 2 huruf tertentu seperti vvs, vs, is, i dengan diikuti angka di belakangnya seperti vvs 1 yang artinya sangat jernih dan sebagainnya

colour: adalah warna dimana warna tersebut dapat menunjukan variasi harga tergnatung dengan kesenangan seseorang. dan warna tersebut dapat dinotasikan sebagai acuan untuk melihat cahaya yang akan mematulkan jika dipantulkan dengan cahaya. kede yang diberikan untuk colour tersebut adalah d,e,f,g,h,i,j dll sehingga setiap code tersebut menunjukan warna yag dihasilkan oleh diamound atau berlain tersebut.

cutting: potongan dimana setiap potongan rusa pada berlian akan membuat kilauan yang dihasilkan oleh batu mulia tersebut akan bebeda, contohnya ceperti singgel cut cutting dimana potongan tiap ruasnya paling sedikit dibandingkan denan rose cutting atau arrow cuting, kemudian di sisi meja penampang yang ada di pinggir juga meneuntukan jika sudah dicuting dan terliah lebih berkilau dibanding dengan yang belum dicutting maka akan membedakan price -nya

penjelasan diatas semoga membatu secara sederhannya dalam memahami berharga tau tidahnya sebuath batu mulia yang diberi nama berlian atau diamound.

Tidak ada komentar:

tanya jawab